Jumat, 27 Juli 2007

News 27 juli 2007

Laporan Pasar
Indeks KOSPI di tutup melemah pada hari Kamis, di buka di level 255.70, tertinggi di level 256.55, terendah di level 249.10 yang sekaligus merupakan harga penutupan.

Ulasan Fundamental Pasar
Saham Seoul mencatat penurunan terbesar dalam 4 bulan terakhir hari ini, menjauh dari rekor yang tercapai pada sesi sebelumnya karena kekhawatiran saham seperti perusahaan baja POSCO telah menguat terlalu tinggi.
Ini merupakan penurunan harian terbesar indeks tersebut sejak jatuhb 2,7% pada 5 Maret lalu, ketika indeks berada dalam koreksi pasar global karena kekhawatiran mengenai subprimen mortgage sector AS.
Kekhawatiran mengenai harga minyak juga memainkan peran, memukul saham perusahaan listrik Korea Electric Power Corp. Namun Hyundari Motor Co. menguat setelah mencatat laba per kuartal yang melebihi ekspektasi.
Indeks Kospi menembus level 2000 poin untuk pertama kalinya minggu ini, menjadikan indeks tersebut menguat 40% tahun ini karena optimisme mengenai prospek ekonomi dan laba perusahaan.
Namun indeks kekuatan relatif indeks Kospi mencapai 82,7 kemarin, di atas level 70 dimana saham atau indeks diangggap dalam kondisi overbought. Indeks tersebut turun menjadi 60,5 pada penutupan.
Seorang analis mengatakan bahwa pasar memerlukan koreksi. Sebagian besar pelaku pasar berencana untuk melakukan aksi ambil untung setelah Kospi mencapai 2000 kemarin. Namun ada berita baik seperti kenaikan peringkat dari Moody’s. Moody’s Investors Service kemarin menaikkan peringkat Korea Selatan satu tingkat.
Investor asing tetap menjadi penjual aktif bulan ini, menjual sekitar saham senilai 374,5 milyar won di Kospi, yang menjadikan total bulan tersebut 3,12 trilyun won.
Para analis memperkirakan penguatan akan terus berlanjut selama tahun ini, meski akan ada guncangan dala

Tidak ada komentar: